Rabu, 31 Agustus 2011

7 LANGKAH MENDAPATKAN REJEKI




Keberhasilan juga bisa dirah berkat beberapa amal shalih yang nyata telah kita lakukan. Misalnya sebagai berikut:
Pertama  :  Mensyukuri segala nikmat. Tiada kenikmatan, apapun wujudnya yang dirasakan manusia, melainkan datang dari Allah SWT. Atas dasar itu Allah mewajibkan manusia agar selalu bersyukur kepada-Nya 
Allah SWT berfirman: "Dan ingatlah tatkala Robbmu mengumandangkan: "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari(nikmat-Ku) maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih. (Ibrahim: 7)
Kedua : Menbayar Zakat (Sedekah). Zakat, baik zakat wajib maupun sunnah (sedekah), merupakan salah satu amalan yang dapat turunnya keberkahan. Allah SWT berfirman: "Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah" (Al-Baqarah:276). Rasulullah SAW bersabda: "tiada pagi hari, melainkan ada dua malaikat yangf turun, kemudian salahsatunya berkata (berdoa): "Ya Allah berilah pengganti bagi orang yang berinfaq, sedangkan yang lain berdoa: "Ya Allah, timpahkanlah kepada orang kikir (tidak berinfaq) kehancuran.
Ketiga : Bekerja Mencari Rejeki Dengan Hati Qona'ah, Tidak Dipenuhi Ambisi dan Tidaak Serakah. Sifat qona'ah dan lapang dada dengan pembagian Allah SWT, merupakan kekayaan yang tidak ada bandingannya. Dengan jiwa yang dipenuhi dengan qona'ah, dan keridhaan dengan segala rejeki yang Allah turunkan untuknya, maka keberkahan akan datang kepadanya.
Keempat :  Bertaubat Dari Segala Perbuatan Dosa. Sebagaimana perbuatan dosa menjadi salah satu penyebab terhalangnya rejeki dan pelakunya. Maka sebaliknya taubat dan istighfar merupakan salah satu faktor yang dapat mendatangkan rajeki dan keberkahan.
Kelima :  Menyambung Tali Silaturahmi.  Di antara amal shalih yang akan mendatangkan keberkahan dala hidup, yaitu menyambung talisilaturahmi. ini merupakan upaya menjalin hubungan baik dengan setiap orang yang akan terkait hubungan nasab dengan kita.
Keenam :  Mencari Rejeki Dari Jalan Yang Halal.  Merupakan syarat mutlak bagi terwujudnya keberkahan harta, ialah memperolehnya dengan jalan yang halal. Rasulullah SAW bersabda: "Janganlah kamu merasa bahwa rejekimu datangnya terlambat. Karena sesungguhnya, tidaklah seorang hamba akan meninggal, hingga telah datang kepadanya rejeki terakhir (yang telah ditentukan) untuknya. Maka, tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rejeki, yaitu dengan mengambil yang halal dan meninggalkan yang haram." (HR. Abdur-Rajaq, Ibnu Hibbanm dan Al-Hakim).
Ketujuh :  Bekerja Saat Waktu Pagi.  Di antara jalan meraih keberkahan dari Allah, ialah menanamkan semangat untuk hidup sehat dan produktif, serta menyingkirkan sfat malas. Caranya, senantiasa memanfaatkan karunia Allah SWT dengan hal-hal berguna dan mendatangkan kemaslahatan bagi hidup kita. Termasuk wktu yang paling baik untuk memulai bekerja dan mencari rejeki ialah waktu pagi.
(dari tausiyah-online.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar