Selasa, 20 September 2011

Anggrek Bulan


Keindahan anggrek bulan memang tak perlu diragukan lagi. Anggrek bulan termasuk dalam tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya, apabila terlalu berlebihan akan timbul kerusakan pada sebagian atau seluruh jaringan tanaman.
Gejala terbakar akan segera terlihat terutama pada daun-daun yang terkena langsung cahaya matahari. Biasanya gejala itu ditandai dengan keluarnya warna cokelat kemerahan pada permukaan daunnya.
Apabila kekurangan cahaya, pertumbuhan anggrek bulan pun tidak bagus. Daun akan layu, kuning, pucat dan rontok. Kalau sudah begini, jangan harap tanaman ini akan mengeluarkan bunga. ”Untuk mendapat sinar redup itu, pasangi saja kebun kita dengan jaring peneduh atau paranet.
Cara lain, tempelkan saja anggrek bulan pada batang pohon besar dan tempatkan di sebelah timur. Cahaya mentari pagi sangat bagus bagi pertumbuhannya.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah masalah penyiraman. Anggrek bulan akan tumbuh baik bila kebutuhan airnya tercukupi. Banyaknya penyiraman yang diberikan tergantung pada jenis dan besar kecilnya ukuran tanaman serta keadaan lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar